Lupus

Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan Total?

Lupus adalah penyakit autoimun sistemik yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ sendiri. Peradangan yang disebabkan oleh kondisi autoimun lupus tersebut dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuh termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, sampai paru-paru. Dalam penyembuhannya penyakit lupus belum ada obat yang untuk menyembuhkannya.

Oleh karena itu, dokter hanya bisa memberikan resep. Umumnya gejala lupus dapat hilang untuk sementara waktu, namun kemungkinan besar akan timbul kembali. Maka dari itu, untuk mengurangi resiko kambuhnya gejala lupus. Dapat dilakukan pengecekan kondisi tubuh dengan diagnosis sejak dini. Serta rutin mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter spesialis penyakit lupus.

Obat Untuk Menyembuhkan Penyakit Lupus

Meskipun panyakit lupus tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, kita bisa menangani penyakit lupus dengan keluhan yang dialami. Ada beberapa obat tradisional untuk lupus yang bisa digunakan dalam mengurangi gejalanya.

• Kunyit

Kunyit dapat dijadikan obat penyakit lupus. Kunyit dipercaya efektif menyembuhkan penyakit seperti batuk atau panas, dan bermanfaat untuk penyakit lupus juga. Kunyit dapat meringankan penyakit lupus dengan kandungan anti-inflamatory yang dapat menyembuhkan ruam-ruam pada kulit serta anti-kanker.

• Vitamin E

Vitamin E adalah jenis obat yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak. Banyak orang bilang bahwa vitamin E dapat mengobati penyakit lupus, karena sangat baik untuk sistem imun tubuh. Vitamin E bisa kita temukan pada buah atau biji-bijian.

• Selenium

Selenium merupakan antioksidan alami yang dipercaya dapat mengobati penyakit lupus. Sumber makanan dengan selenium ini sangat tinggi dan bisa ditemukan pada ikan mas dan ikan haring. Namun, jangan sampai kelebihan mengonsumsi selenium. Hal ini justru akan mennyebabkan munculnya penyakit lain.

• Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang mampu meringankan penyakit lupus. Hal ini karena polifenol dapat memberikan efek perlindungn terhadap reaksi autoimun pada kelenjar saliva dan kulit. Dengan menekan autoantigen dan menurunkan regulasi sitokin inflamasi tentunya penyakit lupus bisa di cegah.

Untuk Obat-obatan yang digunakan dalam mengobati penyakit lupus tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Maka dati itu, selain obat traditional ada juga obat lainya yang bisa kita konsumsi untuk menyembuhkan penyakit lupus, yaitu:

• Obat Antiinflamasi Nonsteroid (Contoh: naproxen)

Mengonsumsi obat ini dapat membantu mengurangi peradangan, membantu meredakan nyeri pada sendi. Obat ini biasanya digunakan hanya untuk waktu yang singkat, karena dosis yang ada di dalamnya terlalu tinggi untuk kondisi tubuh.

• Obat Steroid (Contoh: prednisolon)

Obat ini digunakan untuk periode pendek pada komplikasi radang selaput dada atau perikarditis. Dapat juga digunakan sebagai pengobatan jangka panjang untuk masalah lain, seperti peradangan ginjal atau masalah darah.

• Obat Anti-Rematik (Contoh: azatioprin)

Pada obat ini biasanya untuk meredam sistem kekebalan yang terlalu aktif. Untuk mengkonsumsi obat ini perlu diminum dalam waktu lama, meskipun dosisnya dapat dikurangi tetapi penyakitnya menjadi kurang aktif terhadap tubuh.

• Obat Anti Hipertensi

Untuk contoh obat ini belum bisa diketahui pasti, namun penggunaan obat ini ditujukan agar tekanan darah menjadi lebih terkontrol, sehingga tidak menimbulkan efek lain yang bisa memberi efek samping buruk terhadap tubuh.

Terapi Untuk Menyembuhkan Penyakit Lupus

Selain obat-obatan di atas, ada juga cara alami lainnya yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit lupus. Caranya yaitu dengan terapi, cara ini dipercayai efektif untuk membantu menyembuhkan penyakit lupus.

• Ozone Therapy

Ozone Therapy membantu mengurangi radikal bebas dalam darah, dan membunuh virus dan jamur dalam darah. Sistem kekebalan tubuh pun akan terstimulasi untuk bekerja dengan baik.

• Chelation Therapy

Chelation Therapy adalah infus untuk membuang logam berat dalam tubuh, yang dapat menumpuk akibat makanan, udara, polusi, ataupun zat-zat kimia dalam kosmetik. Dengan pembuangan logam berat, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik kembali sehingga mengurangi gejala lupus.

• Vitamin C Infusion

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas secara langsung. Radikal bebas sering kali menjadi racun bagi sel-sel dalam tubuh yang menghambat fungsi nya. Dengan mengurangi radikal bebas, organ-organ dalam tubuh pun akan dapat pulih dan berfungsi dengan optimal.

• PRP Rambut Rontok

PRP atau Platelet Rich Plasma bekerja dengan menggunakan growth factor yang ditemukan dalam tubuh sendiri untuk meredakan inflamasi di bagian tubuh manapun. Dimulai dengan pengambilan darah dari tubuh pasien yang akan diolah, serum yang kaya akan growth factor ini akan di infus kan balik ke dalam tubuh untuk membantu penyembuhan dalam tubuh dan memperbaiki radang dalam tubuh yang timbul karena penyakit lupus, ataupun penyakit lainnya.

• SVF Live Cell Therapy

SVF Live Cell Therapy menggunakan Stromal Vascular Fraction (SVF) dalam lemak untuk memperbaiki masalah dalam tubuh. Mirip dengan PRP yang sifatnya ‘homing’ yaitu mencari bagian tubuh yang perlu perbaikan, SVF pun dapat memperbaiki berbagai macam penyakit selain lupus. Dimulai dengan pengambilan lemak dalam tubuh yang akan diolah, proses SVF juga diakhiri dengan menginfuskan cairan penuh dengan sel-sel pintar yang akan dapat meredakan gejala dengan harapan menyembuhkan penyakit lupus.

Untuk fungsi optimal nya, proses SVF dilengkapi dengan infus PRP seminggu setelah pengerjaannya. Tujuannya adalah supaya sel-sel dalam SVF infus tersebut dalam diberi growth factor untuk memicu nya supaya lebih aktif lagi.

Hingga kini belum ada yang tahu penyakit lupus bisa disembuhkan atau tidak.

Penyakit lupus dapat disembuhkan dengan cara mencegah gejalanya. Oleh karena itu, terapi yang telah disebutkan di atas bisa membantu anda dalam memaksimalkan mencegah gejala lupus muncul kembali. Clinique Suisse menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan terapi penyakit lupus. Nantinya dokter akan membantu anda dalam menangani penyakit lupus. Penting untuk terus mengikuti tahapan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter, seperti mengubah gaya hidup, rajin olahraga, dan makan-makanan bergizi.

Jenis – Jenis Penyakit Autoimun Terhadap Gejala Lupus